Website seputar informasi dari dalam negeri maupun luar negeri. Yang berisi informasi yang terpercaya , teraktual untuk anda.

Harga Emas Hari Ini

Untuk Harga Emas Bisa Cek di : www.emasku.co.id

18 Oktober 2017

HUKUM CINCIN KAWIN UNTUK PRIA MUSLIM


Cincin kawin bagi pria muslim tidak sama dengan cincin kawin yang dipakai wanita muslim, wanita diperbolehkan menggunakan bahan apapun. Namun sebaliknya pria muslim diharamkan memakai perhiasan menggunakan bahan apapun. Namun sebaliknya pria muslim diharamkan memakai perhiasan dari emas sesuai sabda Nabi SAW :

“Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari umatku, namun diharamkan bagi para pria.”
(HR. An Nasai no.5148 dan Ahmad 4/392)

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang cincin emas (bagi laki-laki)”
(HR. Bukhari  no.5863 dan Muslim no.2089)

Telah dijelaskan pada kedua hadist diatas bahwa laki-laki muslim diharamkan memakai perhiasan yang terbuat dari emas apapun alasannya termasuk dalam urusan pernikahan sekalipun. Lalu apakah boleh dengan bahan yang lain selain emas? Tentu saja bisa jawabannya.



Pria muslim dapat menggunakan cincin kawin yang tidak terbuat dari emas. Dalam pembuatan cincin kawin 2 bahan yang populer di masyarakat selain emas adalah perak dan palladium yang mempunyai kualitas yang tidak kalah dari emas.

Kabar gembiranya adalah bahwa harga perak dan palladium jauh lebih murah dari emas, sehingga selain anda bisa menggunakan cincin kawin yang halal sesuai syariat Islam juga dapat menghemat budget pembelian cincin kawin.

Berdasarkan fakta diatas bisa kita simpulkan bahwa anda dapat memilih cincin kawin palladium sebagai pilihan yang tepat, namun untuk anda yang mempunyai budget terbatas anda juga bisa menggunakan cincin kawin perak. Anda tetap dapat menggunakan cincin kawin dengan harga jauh lebih murah dari cincin kawin emas dengan kualitas bagus dan tentu saja menjadi barokah karena jauh dari perkara yang diharamkan Allah SWT.

Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar