Website seputar informasi dari dalam negeri maupun luar negeri. Yang berisi informasi yang terpercaya , teraktual untuk anda.

Harga Emas Hari Ini

Untuk Harga Emas Bisa Cek di : www.emasku.co.id

12 Oktober 2017

MENGAPA CINCIN KAWIN BERADA DI TANGAN KIRI ??


Manusia memiliki 5 jari di tangan. Ada jari jempol, telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking. Tapi kenapa disaat ada pernikahan cincin kawin nya diletakkan ditangan kiri ?? bukannya ditangan kanan juga bisa??

Biasanya pengantin wanita dan pria mengenakan cincin kawin di jari manis tangan kiri. Ternyata semua itu ada cerita dibalik tradisi unik ini. Sementara, kebanyakan warga Eropa justru mengenakan cincin pernikahan di jari manis tangan kanan.



Penggunaan cincin pernikahan tentunya tergantung dengan preferensi personal anda, nah lalu apa sih alasan yang mendasar cincin kawin diletakkan di tangan kiri??
Berikut beberapa alasannya diberbagai kepercayaan : 

1. Kepercayaan Yunani Kuno 
Sejarah mengatakan bahwa pembuluh darah yang terletak di jari manis tangan kiri menuju langsung ke hati. Karena kepercayaan inilah secara alami, atas dasar pernyataan cinta, mereka meletakkan cincin kawin yang digunakan berdasarkan cinta ini di jari tangan kiri sebagai penanda romansa hubungan wanita dan pria.

2. Kepercayaan Islam 
Sedangkan budaya Arab dan Islam juga terkenal dengan pemakaian cincin kawin di jari manis tangan kiri seperti Nabi Muhammad saw dengan batu mata yang berada di bagian telapak tangan. Menggunakan cincin kawin di tangan kiri juga bertujuan untuk melindungi cincin kawin dari kemungkinan rusak dan lainnya.

3. Kepercayaan China 
Bagi masyarakat China percaya pada simbol-simbol jari dengan orang-orang terdekat. Seperti jempol untuk orang tua, telunjuk melambangkan saudara, jari tengah melambangkan anda sendiri, jari manis melambangkan pasangan dan yang terakhir jari kelingking melambangkan anak-anak anda nanti.

Itulah sebabnya cincin kawin atau cincin pernikahan biasa dikenakan di jari manis dengan anggapan jari manis sulit terpisahkan. Diharapkan hubungan pernikahan pun sulit terpisahkan dan bersatu selamanya. Amin :)

Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar